Cara Membedakan Kulit Asli dan Sintetis Palsu

Mungkin anda sering bertanya apa sih bedanya kulit asli yang di gunakan bahan jaket dengan bahan sintetis (shyntetic Leather)?. Padahal banyak orang yang sulit membedakan mana kulit asli maupun sintetis, sehingga akhirnya ia kena tipu oknum penjual yang mencari untung dengan pembodohan publik terhadap konsumen. Ia katakan kulit asli dengan harga yang sangat murah, padahal sejatinya yang ia jual adalah jaket berbahan kulit sintetis.

Ada beberapa hal yang harus di ingat ketika anda hendak membeli jaket kulit, baik secara online maupun offline, diantaranya :

  1. Dari segi permukaan; kulit, khususnya kulit domba, memiliki pori yang khas, yang tidak akan rata sama seperti halnya sidik jari tangan manusia yang memiliki ke khasan tersendiri. Berbeda dengan sintetis yang notabene memiliki permukaan yang sama, di setiap inchi nya hal ini di karenakan kulit asli itu alami. Sedangkan kulit sintetis itu adalah buatan manusia atau bahan hasil industri.
  2. Dari segi harga, Harga Jaket kulit dengan bahan yang berkualitas dan berbahan mahal, harganya jauh lebih mahal dari kulit sintetis, untuk mengetahui lebih jelas tentang range harga jaket kulit anda bisa baca artikel khususnya tentang “yang menentukan range harga pada jaket kulit”. sedangkan harga sintetis jauh lebih murah, hal ini di sebabkan karena kulit asli ini sifatnya terbatas, berbeda dengan kulit sintetis yang selalu bisa di perbaharui tanpa memikirkan bahan baku hewani yang mungkin saja ketersediaanya semakin hari semakin berkurang. Sesuatu yang langka inilah yang membuatnya lebih mahal.
  3. Dari segi tekstur, kulit domba memiliki tekstur yang halus dan lembut, namun tidak lengket, berbeda dengan sintetis yang lengket.
  4. Jika di sentuh kulit asli lebih berisi daripada kulit sintetis ini di sebabkan karena kandungan material yang berbeda antara kulit dan sintetis.
  5. Dari segi aroma atau bau, kulit asli memiliki bau tersendiri, baik yang di sebabkan oleh alami kulit yang di samak ataupun bau kimia yang di gunakan untuk menyamaknya, sedangkan kulit sintetis lebih ke arah bau pabrik seperti industri kain sejenis pada umumnya.
  6. Dari segi kekuatan, kulit asli memiliki daya tahan yang jauh lebih kuat di bandingkan dengan kulit sintetis, hal ini karena kulit asli memiliki kepadatan material, dan kualitas yang jauh di atas kulit sintetis, baca pula cara agar jaket kulit anda lebih awet.
  7. Daya tahan terhadap api, kulit asli memiliki daya tahan jika di uji menggunakan api atau dalam bahasa lainnya anti bara, sedangkan kulit sintetis cenderung tidak anti bara atau melepuh saat di tes menggunakan api (tentu apinya hanya sekedarnya saja ya tidak berlebihan). Namun seiring berkembangnya dunia industri, kini tersedia bahan kulit sintetis yang anti bara atau yang biasa di sebut dengan oscar korea.

Itulah beberapa cara untuk membedakan antara kulit asli dengan kulit sintetis, semoga bermanfaat bagi anda para pecinta produk jaket kulit. Silahkan tambahkan di komentar jika ada tambahan maupun masukkan terhadap artikel ini.

Terimakasih

Admin Garvis

Pencari Produk Kulit :

    ciri kulit sintetisciri2 kulit sinte
Share this post



×
Silahkan Hubungi Kang Asep : 085222249910